Senin, 09 Juni 2014

TATA TERTIB PESERTA DIDIK


TATA TERTIB PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 KAMUU UTARA.
TAHUN PELAJARAN 2013/2014.

Disusun Oleh HERMAN AGAPA, S.Ip

I.         HAK – HAK PESERTA DIDIK.
1.        Setiap Peserta Didik berhak mendapatkan Pendidikan dan Pengajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
2.         Setiap Peserta Didik berhak menggunakan fasilitas Pendidikan yang ada di lingkungan sekolah sesuai dengan Jadwal dan Ketentuan yang berlaku di SMP Negeri 1 Kamuu Utara.
3.        Setiap Peserta Didik berhak mendapatkan Bimbingan dan Pengarahan dari pelaksana Pendidikan di lingkungan sekolah sesuai dengan Ketentuan / Prosedur yang berlaku di sekolah ini, guna perbaikan dan pengembangan Mutu Kegiatan Belajar Mengajar.
4.        Setiap Peserta Didik berhak mendapatkan Perlakuan yang sama dan Pelayanan yang ramah sesuai dengan situasi, kondisi, dan kemampuan sekolah.
5.        Peserta Didik berhak menyampaikan masukan, usulan, kritikan, dan sasaran ataupun pendapat dan pertanyaan yang positif terhadap guru ataupun sekolah baik melalui tulisan ataupun lisan, guna meningkatkan kemajuan dalam proses belajar mengajar.

II.       KEWAJIBAN – KEWAJIBAN PESERTA DIDIK.
A.       Sikap dan Tingkah Laku Peserta Didik.
1.        Peserta Didik wajib menjunjung tinggi nilai-nilai Keagamaan dan Kebudayaan baik di sekolah maupun di luar sekolah.
2.        Peserta Didik bersikap dan bertingkah laku dilandasi dengan kesadaran Jiwa, Pancasila, dan UUD 1945, serta berbuat kebaikan, gotong-royong, dan penuh rasa kekeluargaan.
3.        Peserta Didik wajib menghormati dan bersikap ramah, sopan dan memupuk rasa kesetia kawanan antar sesame siswa baik didalam maupun diluar sekolah.
4.        Peserta Didik wajib menghormati dan bersikap sopan santun ramah kepada Bapak/Ibu Guru, karyawan/pegawai, dan petugas sekolah yang ada serta menghargai sesama teman kita juga orang lain yang lebih tua dari kita baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.
5.        Peserta Didik wajib menunjukkan perilaku yang baik dan terpuji sebagai seorang Peserta Didik yang terdidik, terlatih, terpelajar, dan berbudi pekerti luhur baik terhadap teman-teman, Guru-guru, Karyawan, Orang Tua di rumah maupun terhadap masyarakat umum sekitar dimana kita tinggal.
6.        Peserta Didik wajib menjunjung tinggi/menjaga nama baik dan kehormatan diri sendiri, Orang Tua di rumah, Guru-guru, Karyawan, maupun sekolah dan menghindari perbuatan-perbuatan tercela atau Asusila/Amoral.
7.        Peserta Didik wajib mematuhi dan mentaati Nasehat Guru-guru, dan Orang Tua di rumah serta harus mematuhi Tata Tertib dan Peraturan di sekolah.
8.        Peserta Didik wajib menghormati dan menghargai pendapat, hasil karya cipta orang lain.
9.        Setiap Peserta Didik wajib memelihara Sarana Prasarana belajar serta 9 K ( Ketaqwaan, Kebersihan, Kerapihan, Keindahan, Ketertiban, Keamanan, Kekeluargaan, Kerindangan, Kenyamanan, dan Kesehatan ) yang ada di lingkungan sekolah.
10.      Peserta Didik wajib berusaha sungguh-sungguh untuk meningkatkan perilaku ramah terhadap sesame dalam rangka meningkatkan rasa kebersamaan, kebersaudaraan, kekeluargaan, dan juga Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.


B.       Kehadiran di Sekolah.
1.        Peserta Didik hadir di sekolah selambat – lambatnya 15 ( lima belas menit atau sebelum jam 07.15 ) sebelum jam pertama pelajaran dimulai.
2.        Peserta Didik yang mendapat regu piket datang di sekolah lebih awal untuk membersihkan ruangan kelas dan menyiapkan kelas untuk menerima pelajaran.
3.        Peserta Didik yang datang terlambat wajib melapor Guru Piket / Pembimbing / kepada Wali Kelas dan mengisi daftar pelanggaran / Foemulir yang telah disediakan dari sekolah :
a.        Peserta Didik yang terlambat sampai dengan 15 (Lima Belas) menit di izinkan masuk pada jam pertama dengan membawa bukti surat izin dari Guru Piket.
b.        Peserta Didik yan terlambat sampai dengan 30 (Tiga Puluh) menit tidak di izinkan masuk di kelas pada jam pertama, tetapi harus mengerjakan tugas dibawah pengawasan Guru Piket.
4.        Jika karena sesuatu hal Peserta Didik tidak dapat mengikuti pelajaran, maka :
a.        Selambat – lambatnya pada hari kedua dari ketidak hadiran Peserta Didik di sekolah, Orang Tua/Wali murid wajib menyampaikan sebab-sebab ketidak hadiran Peserta Didik tersebut serta menjelaskan alasannya secara rasional dan dilengkapi surat keterangan.
b.        Surat keterangan yang dimaksud pada ayat 3 (tiga) huruf a diatas harus disertai surat keterangan dokter bila alasannya adalah sakit berat.
c.        Peserta Didik tidak hadir 1 (satu) sampai 2 (dua) hari tampa keterangan diperingatkan oleh Wali Kelas dan Pembimbing.
d.        Peserta Didik tidak masuk sekolah selama 3 (tiga) hari berturut-turut dalam 1 (satu) minggu dan atau 5 (lima) hari dalam 1 (satu) bulan tampa keterangan, maka Orang Tua/Wali murid di panggil oleh pihak sekolah untuk memberikan keterangan.
5.        Bila karena sesuatu hal Peserta Didik terpaksa meninggalkan sekolah disaat jam pelajaran berlangsung, maka wajib meminta persetujuan dari Guru Piket, Wali Kelas, Pembimbing atau dari Kepala Sekolah :
a.        Apabila ada tugas keluar harus menunjukkan surat rekomendasi dari kepala sekolah.
b.        Apabila alasannya secara keluarga harus menunjukkan surat dari orang tua/wali murid.
c.        Apabila alasannya mengikuti kegiatan dari organisasi mana saja harus menunjukkan surat Keterangan dari Organisasi penyelenggara kegiatan tersebut.
6.        Selama jam pelajaran berlangsung, Peserta Didik tidak diperbolehkan meninggalkan ruangan kelas sampai bel/lonceng istirahat/pulang.

C.        Waktu Belajar.
1.        Peserta Didik wajib mengetahui dan mematuhi waktu belajar setiap hari sesuai dengan ketentuan jadwal yang telah ditetapkan oleh/dari sekolah sebagai berikut :
a.        Ketentuan Hari Sekolah, Yaitu :
SMP Negeri 1 Kamuu Utara melaksanakan Pendidikan dan Pembelajaran selama 6 (Enam) hari belajar dalam 1 (satu) minggu yaitu Hari Senin sampai dengan Hari Sabtu, kecuali Hari-hari libur sesuai dengan Kalender Pendidikan.
b.        Ketentuan Waktu Belajar, Yaitu :
Ø  Hari Senin s/d Hari Kamis dari Pukul 07.30 – 14.00 WIT.
Ø  Hari Jumat dari Pukul 07.30 – 12.15 WIT.
Ø  Hari Sabtu dari Pukul 07.30 – 13.15 WIT.
c.        Ketentuan kegiatan tambahan atau Ekstra Kurikuler diatur oleh kebijakan kepala sekolah yang disesuaikan dengan Situasi dan Kondisi.
2.        Peserta Didik wajib mengikuti kegiatan sekolah sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, sebagai berikut :
a.        Upacara Bendera dilaksanakan setiap Hari Senin.
b.        Upacara memperingati Hari Besar Nasional.
c.        Kegiatan Keagamaan memperingati Hari Besar Keagamaan sesuai dengan kepercayaannya masing – masing.
d.        Kegiatan sekolah lainnya yang ditetapkan dari sekolah.
D.       Pelaksanaan Belajar.
1.        Peserta Didik wajib berada di lingkungan sekolah selama jam pembelajarn berlangsung sebagaimana ditetapkan dalam jadwal belajar atau pada jam-jam yang ditetapkan, memiliki tingkatan yang sama dengan jam belajar seperti jam untuk Ekstra Kurikuler dan juga kegiatan lainnya.
2.        Peserta Didik menyiapkan dan membawa perlengkapan belajar sesuai jadwal selama mengikuti pelajaran di sekolah.
3.        Peserta Didik wajib mengikuti seluruh kegiatan pendidikan dan pengajaran sesuai dengan program sekolah yang ditetapkan dari sekolah.
4.        Peserta Didik wajib mengikuti pembelajaran secara aktif dan tertib selama jam pembelajaran berlangsung.
5.        Peserta Didik wajib berada di ruangan kelas selama jam pembelajaran berlangsung dan wajib berada di luar ruangan kelas selama jam istirahat.
6.        Peserta Didik wajib menjaga kebersihan dan kerapihan pribadi, ruangan kelas, halaman sekolah, dan seluruh lingkungan sekolah.

E.        Pakaian Seragam dan Kelengkapan Sekolah.
1.        Peserta Didik wajib mengenakan pakaian seragam sekolah sesuai ketentuan dari sekolah, yaitu :
a.        Hari Senin s/d Hari Rabu memakai pakaian seragam Putih dan Biru lengkap dengan atribut sekolahnya ( Sepatu, Kaos Kaki, Kaos dalam/singlet, Topi dan Dasi sekolah ).
b.        Hari Kamis memakai pakaian seragam Batik Khas Papua dengan Atribut sekolahnya.
c.        Hari Jumat memakai pakaian seragam Kostum SMP Negeri 1 Kamuu Utara dengan Rok/Celana Batik atau Biru.
d.        Hari Sabtu memakai pakaian seragam Pramuka lengkap dengan atribut Pramukanya. Pakaian seragam pramuka tersebut mengenakan juga pada saat kegiatan pramuka.
2.        Hal-hal khusus tentang pakaian seragam diatur secara khusus sebagai berikut :
a.        Seragam Peserta Didik Putra : ………………………………………………………………..
b.        Seragam Peserta Didik Putri : …………………………………………………………………
3.        Peserta Didik wajib memasukan baju kedalam celana untuk Putra dan Rok untuk Putri, berikat pinggang hitam, harus pakaian rapih dari masuk sekolah sampai pulang sekolah, kecuali pada jam-jam olahraga, Mulok dan Kerja Bakti.

F.        Administrasi Peserta Didik.
1.        Setiap Peserta Didik wajib memenuhi administrasi pendidikan/sekolah secara teratur dan tertib.
2.        Setiap Peserta Didik wajib melunasi Uang Komite sekolah dan Uang OSIS selambat – lambatnya tanggal 10 (Sepuluh) pada setiap bulannya sesuai ketentuan yang telah di tetapkan bersama pihak sekolah dengan Orang Tua/Wali Murid.
3.        Peserta Didik wajib melunasi Uang lain yang menjadi kebijakan sekolah seperti : Penerimaan Siswa Baru, Pelaksanaan kegiatan MOS/MOPD, pelaksanaan kegiatan Perpisahaan, dan lain-lainnya.
4.        Khusus bagi Peserta Didik Kelas IX ( Sembilang ) wajib menyumbangkan Uang Perpisahaan sesuai dengan kesepakatan Orang Tua/Wali Murid bersama pihak sekolah.

G.       Kegiatan – Kegiatan.
1.        Setiap Peserta Didik wajib mengikuti Upacara Bendera pada setiap Hari Senin dan Hari Besar Nasional lainnya dengan memakai seragam lengkap sesuai dengan ketentuan dari sekolah dengan tertib, teratur, dan hikmad.
2.        Peserta Didik yang tidak mengikuti Upacara Bendera karena sakit harus memberitahu Guru.
3.        Pelanggaran terhadap pelaksanaan Upacara Bendera oleh Peserta Didik ada sanksinya yang diberikan oleh Guru.
4.        Semua Peserta Didik harus mengikuti kegiatan Jumat Bersih / Jumat Sehat di sekolah atau hari-hari lain sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dari sekolah.
5.        Peserta Didik tertentu atau yang menjadi pilihan harus mengikuti kegiatan Ibadah, Pramuka, Olahraga, Lomba Vokal Group, Tarian Daerah, Lomba Karya Ilmiah, Lomba Cerdas Cermat, dll juga harus berusaha meraih juara dan membawa nama baik Pribadi Peserta Didik itu sendiri, Sekolah, Keluarga, dan juga di kalangan masyarakat sekitarnya. 

III.     LARANGAN BAGI PESERTA DIDIK.
A.       Kegiatan Pembelajaran.
1.        Peserta Didik dilarang berada di ruangan lain didalam atau diluar pekarangan sekolah selama jam pembelajaran berlangsung tampa seizin Guru/Piket.
2.        Peserta Didik dilarang keluar kelas pada saat proses Belajar Mengajar berlangsung di kelas dan pada saat pergantian jam pelajaran.
3.        Peserta Didik dilarang makan atau minum pada saat pembelajaran berlangsung di kelas.
4.        Peserta Didik dilarang meninggalkan ruangan kelas dengan tujuan apapun tampa seizin Guru yang sedang mengajar di kelas.

B.       Pakaian dan Aksesoris.
1.        Peserta Didik delarang memakai pakaian secara berlebihan atau memakai pakaian diluar ketentuan yang sudah ada.
2.        Peserta Didik delarang untuk mengecat rambut, menggunakan cat kuku, dan penciel alis serta memanjangkan kukunya.
3.        Peserta Didik Putri dilarang untuk memakai perhiasan secara berlebihan.
4.        Peserta Didik Putra dilarang berambut gondrong (menutupi telinga dan atau melewati kerak baju), memakai subang/anting.
5.        Peserta Didik dilarang untuk menghiasi tubuh dengan Tato ke sekolah.
6.        Peserta Didik dilarang memelihara dan memanjangkan Kuku dan Rambut.
7.        Peserta Didik dilarang memakai kalung, gelang, cincin, dalam bentuk dan jenis apapun ke sekolah.
8.        Peserta Didik dilarang menggunakan pakaian seragam sekolah diluar ketentuan sekolah.
9.        Peserta Didik dilarang menggunakan pakaian seragam transparan dan ketat serta tidak membuka kancing bajunya.
10.      Peserta Didik dilarang menggunakan pakaian Biasa ke sekolah.
11.      Peserta Didik dilarang keras membuang sampah disembarangan tempat.

C.        Naza, Miras, Senjata Api/Tajam dan Pornografi.
1.        Peserta Didik dilarang membawa, menyimpan, menggunakan, dan atau mengedarkan obat – obat terlarang (Morfin, Heroin, Sabu-sabu, Ganja, Ekstasi, Narkoba, minuman keras, dan lain-lain yang tidak ada hubungannya dengan pelajaran di sekolah.
2.        Peserta Didik dilarang membawa, menyimpan, menghisap, dan mengedarkan rokok serta korek api di sekolah.
3.        Peserta Didik dilarang membawa senjata tajam, senjata api, bahan peledak, pentungan, cutter, atau benda-benda lain yang tidak sesuai dengan keperluan sekolah yang membahayakan diri juga orang lain.
4.        Peserta Didik dilarang membawa, menyimpan, menyaksikan kaset DVD/VCD, walkmen, Hand Phon, Disket komputer atau buku/gambar, majalah, dan bentuk lain yang berbau Pornografi.
5.        Peserta Didik dilarang keras membawa Hand Phon ke sekolah tampa alasan apapun. Kalau kedapatan membawa Hand Phon ke sekolah akan diambil dan tidak di kembalikan jadi milik Guru-guru.
6.        Peserta Didik dilarang merokok, berjudi, mencuri, memeras barang milik orang lain di sekolah selama proses belajar mengajar berlangsung.

D.       Perbuatan Melawan Hukum.
1.        Peserta Didik dilarang membawa, menyimpan, membuat, mengedarkan brosur/pamphlet atau gambar yang bersifat menghasut, membentuk organisasi yang dilarang oleh pemerintah dan bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945 serta mengganggu stabilitas Nasional atau menimbulkan pertentangan antar sesama.
2.        Peserta Didik dilarang menimbulkan kerusuhan masal/perkelahian/tawuran atau tindakan yang bersifat pertikaian fisik dengan sesame teman atau pihak lain baik didalam maupun diluar sekolah.
3.        Peserta Didik dilarang melakukan pemerasan, berjudi, mencuri/mengambil dan memindahkan benda milik teman atau milik orang lain atau milik sekolah tampa meminta izin kepada pemiliknya serta ancaman terhadap sesame teman atau pihak lain baik di sekolah atau diluar lingkungan sekolah maupun selama kegiatan Ekstra Kurikuler.
4.        Peserta Didik dilarang keras melakukan pelecehan terhadap Guru dan Karyawan baik langsung maupun tidak langsung (melalui tulisan-tulisan, gambar-gambar, dll).

IV.     PEMBERIAN SANKSI.
A.       Sanksi – Sanksi.
1.        Setiap pelanggaran terhadap kewajiban dan larangan dalam Peraturan dan Tata Tertib ini akan terkena sanksinya.
2.        Tingkatan pemberian sanksi atas pelanggaran terhadap kewajiban dan larangan dalam Peraturan dan Tata Tertib ini sebagai berikut :
a.        Mendapat bimbingan lisan.
b.        Mendapat bimbingan tertulis.
c.        Mendapat teguran secara lisan.
d.        Mendapat peringatan tertulis.
e.        Pemberitahuan kepada orang tua/wali murid.
f.         Pemberitahuan secara tertulis dan skorsing.
g.        Dikembalikan kepada orang tua/wali murid.

B.       Pejabat Pelaksana Pemberian Sanksi.
Pejabat yang berwenang melaksanakan pemberian sanksi/tindakan terhadap Peserta Didik yang melanggar Peraturan dan Tata Tertib ini adalah :
1.        Guru                                                                               4.   Guru BK ( Bimbingan dan Konseling ).
2.        Guru Piket                                                                      5.   Wakil Kepala Sekolah.
3.        Wali Kelas                                                                      6.   Kepala Sekolah.
  Semua pelanggaran dicatat dalam Buku/Kartu kedisiplinan dan Tata Nilai yang ditulis sendiri oleh Peserta Didik pelanggar dan diketahui oleh Guru.

V.       LAIN – LAIN.
A.       Etika Umum.
Setiap orang yang berada di lingkungan sekolah dilarang mengganggu proses belajar mengajar yang sedang berlangsung tampa alas an apapun.

B.       Penutup.
1.        Tata Tertib ini dibuat untuk ditaati dengan penuh tanggung jawab oleh setiap Peserta Didik.
2.        Segala sesuatu yang belum atau tidak diatur dalam Tata Tertib ini, akan diatur kemudian dan untuk sementara akan di sesuaikan dengan kondisi yang ada di lingkungan sekolah.
3.        Peraturan dan Tata Tertib ini, mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan dan dinyatakan sah setelah mendapatkan pengesahan dari Kepala Sekolah.

Tata Tertib Peserta Didik ini dibuat untuk ditaati/dipatuhi dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab oleh semua Peserta Didik SMP Negeri 1 Kamuu Utara.



Ditetapkan di : Ekimani-Kamuu Utara-Dogiyai
Pada Tanggal : 01 Juli 2013.
Kepala SMP Negeri 1 Kamuu Utara



WISONO SUROTINOJO
NIP. 196609051990031016

Tidak ada komentar: